.exe di flashdisk ku

Siang itu, teman saya (seorang guru SMP) terlihat begitu pusing dan sedikit uring-uringan. Usut punya usut ternyata hal tersebut di sebabkan oleh sebuah flashdisk. Ternyata, flashdisknya yang penuh dengan data-data sekolah dan data-data penting lainnya habis dikuasai oleh virus. Walhasil isi flashdisknya diwarnai dengan kotak-kotak berwarna biru berekstensikan “.exe”.Namun “.exe” yang timbul disini bukanlah sebuah program, melainkan file-file Microsoft word yang tadinya berekstensikan “.doc”, dirubah oleh virus tersebut menjadi “.exe”. Yah, seperti yang sudah-sudah, file-file yang sudah dikuasai oleh virus tersebut sudah tidak berguna lagi karena tidak dapat dibuka dan digunakan lagi. Jadi mau tidak mau file tersebut harus di delete, karena tidak bisa di clean. Sekedar catatan, saya memakai antivirus NOD 32 versi 2.7, saat mendetect virus tersebut (yang nama virus dan variannya saya lupa!) pilihan untuk virus tersebut hanya leave dan delete. Maka dengan persetujuan teman saya itu, akhirnya saya pun mendelete file-file tersebut.Teman saya pun terlihat sangat pasrah….
Namun saya ingat perkataan teman saya yang sering main-main ke tempat saya (defan namanya). Dia pernah berkata pada saya bahwa sebenarnya file-file yang telah didelete/terdelete otomatis dari flashdisk oleh antivirus (con: oleh Norton antivirus) tersebut masih bisa dipulihkan atau istilah lainnya dipanggil kembali, tentunya tanpa turut serta memulihkan dan memanggil virusnya. Lanjut ia bilang sebenarnya file-file ini hanya disembunyikan atau diprotect oleh virus biadab tersebut, jadi sebenarnya isinya masih ada.
Menurut dia ada cara untuk memulihkan atau memanggil lagi file-file yang didelete/terdelete tersebut, tentunya tanpa memulihkan dan memanggil virusnya. Seingat saya langkah-langkahnya seperti berikut:

  1. Masuk ke my computer -> tools->folder options->view. Lalu pilih “show hidden files and folders”,centang “hide extensions for known files” dan “hide protected operating systems files” (catatan:jangan ubah-ubah options yang lain, biarkan saja). Jika sudah click “ok”.
  2. Klik Start-> , Run lalu ketik “cmd” dan klik “ok”. Kita akan bermain-main sedikit di command prompt.
  3. Lalu ketikkan tempat dimana anda mencolokkan flashdisk anda, con: apabila anda mencolokan flashdisk anda di F, maka ketik F:
  4. Apabila sudah berubah menjadi F:\> (misalnya), lalu ketikkan “kode rahasia” yaitu: attrib -s -h *.* /s /d lalu tekan enter dan tunggu beberapa saat. Maka mudah-mudahan file yang didelete/terdelete (yang dikuasai oleh virus) tersebut akan muncul kembali di flashdisk anda, dengan kondisi sehat wal’afiat tanpa kekurangan suatu apapun, hehehe…

Setelah saya lakukan langkah-langkah diatas, Alhamdulillah file-file di flashdisk teman saya itu muncul kembali secara utuh. Dengan seketika wajah teman saya pun kembali cerah ceria dan senyum manis mulai tumbuh di bibirnya. Masalah pun teratasi…

Oh iya sekedar catatan, teman saya yang lain pernah mengatakan kalo menggunakan antivirus Kaspersky, virus-virus sejenis ini (yang membuat file menjadi “.exe”) bisa disembuhkan tanpa harus didelete terlebih dahulu. Tapi saya juga kurang tahu sih, berhubung antivirus yang saya pakai NOD 32.

(Terima kasih untuk akang defan yang sudah mengajarkan ilmu yang bermanfaat ini)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

