Menhub: PLN Jangan Padamkan Listrik di Sarana Transportasi

Perusahaan Listrik Negara (PLN) kembali akan melakukan pemadaman listrik secara bergilir pada 11-25 Juli mendatang. Pemadaman ini dianggap bisa mengganggu kelancaran transportasi. Akibatnya, kecelakaan pun bisa saja terjadi.

Menteri Perhubungan (Menhub) Jusman Syafii Jamal meminta kepada PLN agar tidak melakukan pemadaman bergilir di sarana-sarana transportasi di Indonesia. Hal ini berkaitan dengan kelancaran transportasi.

“PLN jangan menggilir pemadaman listrik pada kereta api listrik, stasiun, bandara dan pelabuhan,” ujar Jusman di Kantor Dephub, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (7/8/2008).

Jusman mengatakan, pemadaman listrik bisa berakibat fatal pada kelancaran transportasi. Dalam waktu seminggu ini saja, menurutnya, telah terjadi beberapa kecelakaan. Di antaranya, anjloknya kereta api di Surabaya, tabrakan antara kereta api dan lori di Medan.

“Ada juga kereta api listrik yang mogok akibat kurangnya pasokan energi listrik dari PLN,” ujar pria berambut plontos ini.

Selain diakibatkan karena kelalaian, kurangnya koordinasi dan meningkatnya volume penumpang, menurut Jusman, kecelakaan juga disebabkan oleh kurangnya pasokan listrik dari PLN.

“Pokoknya kalau kereta api listrik jangan dibagi listrik jangan dibagi giliran. Harus terang terus,” imbuhnya.

Permintaan ini, lanjut Jusman, sudah dia sampaikan pada Wapres Jusuf Kalla. PLN pun sudah berjanji untuk berupaya agar tidak ada pemadaman pada kawasan stasiun, dan kereta api listrik.

Menaggapi pertanyaan wartawan tentang pemadaman listrik di Bandara Hasanuddin beberapa hari lalu, pria asal Aceh itu menanggapi dingin.

“Itu antar tekad dan kenyataannya belum bisa disatukan oleh PLN,” pungkasnya.

Kontributor: Rachmadin Ismail

detikcom

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s