Turki Bombardir Basis-Basis Pejuang Kurdi di Utara Irak

Pasukan udara Turki kembalai memborbardir basis Partai Pekerja Kurdistan (PKK) di utara Irak, Kamis (24/7). Militer Turki menyebut serangan yang dilakukan hari ini sukses, karena berhasil menghancurkan 13 target yang diduga menjadi tempat persembunyiaan anggota PKK di kawasan Zap wilayah Irak yang berbatasan dengan Turki.

“Operasi ini merupakan bagian dari upaya Turki memberantas terorisme baik di dalam maupun di luar wilayah Turki, ” demikian pernyataan militer Turki.

Militer Turki sudah melancarkan serangan baik dari udara maupun darat ke posisi-posisi pejuang Kurdi di kawasan pegunungan Irak utara sejak bulan Desember 2007. Dalam operasi darat yang berlangsung selama seminggu ke basis-basis PKK beberapa waktu lalu, menewaskan sedikitnya 240 orang pejuang Kurdi.

Turki mengklaim ada sekitar 2.000 pejuang Kurdi di wilayah utara Irak, lengkap dengan tempat-tempat penyimpanan amunisi dan kamp-kamp latihan mereka. Turki menuding PKK menggunakan wilayah utara Irak yang dikuasainya sebagai basis untuk melakukan serangan ke wilayah Turki.

Kebijakan Turki menggelar operasi militer terhadap PKK di Irak utara mendapat dukungan dari AS dan sekutu-sekutunya yang tergabung dalam NATO. AS membantu Turki dengan menerjunkan sejumlah agen-agen intelejennya untuk memata-matai gerakan pejuang Kurdi. (ln/albwb/aljz)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s