KPU Siapkan Peraturan untuk Pemilu Presiden

Komisi Pemilihan Umum masih menyelesaikan pemfinalan beberapa peraturan terkait pemilihan umum presiden. Penyelesaian ini terlambat apabila dilihat dari Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2009 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2009. Peraturan itu menjadwalkan peraturan terkait pemilu presiden/wapres akan selesai pada 30 Maret.

Anggota KPU, Andi Nurpati, di Jakarta, Selasa (14/4), mengatakan, peraturan yang masih difinalkan itu terkait dengan pencalonan, kampanye, pemungutan suara, dan penghitungan suara di tempat pemungutan suara dan tempat pemungutan suara luar negeri (TPS/TPSLN) serta rekapitulasi hasil penghitungan suara di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN), KPU kabupaten/kota, KPU provinsi, dan KPU. ”Pembahasan dilakukan simultan supaya bisa segera selesai,” kata dia.

Untuk peraturan terkait pemungutan suara, menurut Andi, lebih sederhana dibandingkan dengan pemilu legislatif. KPU sudah memutuskan bahwa dalam pemilu presiden, setiap TPS ada sekitar 800 pemilih. Untuk daftar pemilih tetap tambahan (DPTTB) bisa dilakukan sampai hari pemungutan suara.

”Jika dalam pemilu legislatif, DPTTB hanya sampai tiga hari menjelang pemungutan suara, dalam pemilu presiden nanti akan ditunggu sampai hari pemungutan suara supaya pemilih terakomodasi,” ungkap Andi.

Terkait dengan surat suara untuk pemilih tambahan di setiap TPS, hal itu bisa menggunakan surat suara cadangan. Apabila kurang, surat suara cadangan bisa dimintakan di TPS lain yang terdekat.

KPU juga masih melakukan pembahasan terkait dengan logistik pemilu lain, seperti kotak suara dan bilik suara. ”Kalau dalam pemilu legislatif kemarin ada empat kotak suara di setiap TPS, untuk pemilu presiden itu bagaimana supaya pemanfaatannya maksimal,” ujar dia.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s