6.000 Santri akan Ikuti Perkemahan Pramuka Santri Nusantara

Jakarta (www.pondokpesantren.net) – Sebanyak 6.000 santri akan mengikuti Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) pada tanggal 15 – 20 Juni 2009 di Bumi Perkemahan Letjen TNI (Purn.) DR. (HC). Mashudi Jatinangor Sumedang Jawa Barat.
Perkemahan Pramukan yang bertemakan ”Pramuka Santri Indonesia Bertekad untuk Mewujudkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Kerangka Bhinneka Tunggal Ika” ini akan diikuti oleh 6.000 Pramuka Penegak aktif pada Gugus Depan Pondok Pesantren  usia 16 – 20 tahun, 800 Pimpinan Kontingen Daerah (Pinkoda) dan Pembina Pendamping (Bindamping) dari 32 propinsi  se-Indonesia.
Menurut Drs. H. Khaeroni, Kasubdit Pemberdayaan Santri dan Layanan pada Masyarakat Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI dalam Talk Show interaktif di 90.00, ELSHINTA FM (10/06/09) menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk menjaga misi Departemen Agama RI dalam menjaga kerukunan umar beragama.
Lebih lanjut alumnus UIN Sunan Kalijaga ini menjelaskan bahwa kegiatan perkemahan ini didasari atas kesadaran bela negara yang harus dibangun, dipelihara, dan ditumbuhkan dalam diri setiap warga negara melalui berbagai upaya, utamanya pendidikan. Maka Pondok pesantren yang merupakan salah satu lembaga pendidikan yang memiliki peran strategis untuk meningkatkan  bela negara, tegas Khaeroni, akan menyelenggarakan Perkemahan Pramuka Santri Nusantara 2009.
Rangkaian kegiatan Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) 2009 akan diawali dengan upacara pembukaan, kemudian akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti; aktivitas rutin kepramukaan, ekspose pengembangan ilmu pengetahuan dan teknolgi, parade barisan semapore terpanjang (rekor MURI), pananaman pohon Bhinneka Tunggal Ika, Seminar Nasional ”Revitalisasi Gerakan Pramuka di Pondok Pesantren”, Launching ”Saka Amal Bakti” dan diakhiri dengan upacara penutupan. (pip)


Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s